Persiapan  Untuk Melakukan Transaksi Online Assalamualaikum.. Annyeonghaseo.. Buat temen-temen yang sering melakukan transaksi online pe...

Persiapan Untuk Melakukan Transaksi Online

Persiapan Untuk Melakukan Transaksi Online

Persiapan Untuk Melakukan Transaksi Online

8 10 99
Persiapan  Untuk Melakukan Transaksi Online

Assalamualaikum..
Annyeonghaseo..
Buat temen-temen yang sering melakukan transaksi online perlu banget baca coretan ayu kali ini. Supaya terhindar dari kejahatan online atau biasa yang di sebut CyberCrime, jadi kedua pihat yang melakukan keguatan transaksi tidak ada yang merasa dirugikan.

Forum 9
by Anita Ratnasari
Jelaskan pendapat anda apa yang harus dipersiapkan dalam melakukan transaksi elektronik sehingga tidak ada yang merasa dirugikan! berikan contohnya.


Jawaban:
by Sriayu

Menurut saya yang perlu diperiapkan untu transaksi eletronik agar tidak ada pihak yang dirugikan adalah :
·         Keberanian dan ketegasan
Ketegasan untuk menentukan seorang penjual atau membeli serius atau tidak dalam bertransaksi. Keberanian mengambil resiko dan akibatnya. Caranya dengan melihat testimoni yang ada.
·         Media jual beli
Untuk melakukan transaksi kita harus melihat media jual beli tersebut jelas atau tidak.
Pastikan situs “asli”.URL yang sebaiknya diwaspadai adalah situs tanpa awalan hurud ‘s’ dari kata ‘https’. Situs seperti ini sering menjadi tongkrongan penjahat cyber. Periksa simbol ‘gembok’ didaerah URL atau kanan bawah dari halaman transaksi, jika ‘gembok’ tidak ada berarti aman.
·         Metode dan alat pembayaran
Salah satu transaksi elektrinok yaitu, kartu kredit, Internet banking, dan digtal cash. Menurut Budi Raharjo tidak ada satupun transaksi elektronik yang benar-benar aman, kelemahan setiap transaksi terletak pda penggunanya yang lalai, salah satunya: memberikan usernema dan no.rek atau memakai hotspot gratis.
·         Menjadi pengguna yang cerdas
Jadilah pengguna yang cerdas, periksa siapa yang melakukan transaksi, periksa garansi barang yang dijual, cermati harga yang wajar, baca dan pahami ketentuan dan aturan yang berlaku, jangan ragu bertanya, jangan menggunakan computer atau handphone bukan milik sendri
·         Menyimpan bukti pembayaran
Hal ini sangat penting, penyimpan buktri transaksi seperti kuitansi, nota, bon, cek dll. Agar ada jaminan kuat jika anda sudah melakukan transaksi tersebut. Periksa kode pembayaran
Contohnya :
Bulan September 2000, polisi mendapat banyak laporan dari luar negeri tentang adanya  pengguna Indonesia yang mencoba menipu pengguna lain pada situs web yang menyediakan  transaksi lelang(auction) seperti eBay. Kemudian pada tanggal 24 Oktober 2000, dua warung internet (warnet) di Bandung digerebak oleh Polisi dikarenakan mereka menggunakan account dialup curian dari ISP Centrin. Salah satu dari warnet tersebut sedang online dengan menggunakan account curian tersebut. Juni 2001 Seorang pengguna internet Indonesia membuat beberapa situs yang mirip dengan situs klikbca.com, yang digunakan  oleh BCA untuk memberikan  layanan perbankan internet. Situs yang dibuat menggunakan nama domain yang mirip dengan klikbca.com, dan masih banyak lagi contoh yang lain.
  
Itu cuma saran dari ayu bua referensi temen-temen aja ya. kalo ada yang kurang kamian bisa di tambahin di komen box di bawah ya.. Thanks you for read my post :)

0 komentar: